Keluarga Besar EK. 10

Keluarga Besar EK. 10
Top team

Rabu, 05 Desember 2012

Pertanyaan Pilihan Berganda Promosi dan Kinerja Pemasaran


Jika Anda tertarik memperoleh materi soal-soal ini sekaligus jawabannya, silahkan kirimkan permintaan melalui email :  ardito.atmaka.aji.polije@gmail.com

Experience in Marketing Management Class with Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc


     Kuliah Manajemen Pemasaran dengan  Prof. Ujang Sumarwan memahamkan saya arti dari ilmu pemasaran secara menyeluruh. Selama ini dibenak saya pemasaran hanyalah suatu ajakan perusahaan untuk menggunakan produk, yang tidak jarang didalamnya terjadi rayuan dan penipuan. Banyak bisnis diIndonesia yang memanfaatkan Multi Level Marketing (MLM), Investasi dengan keuntungan yang cukup besar. Tetapi akhirnya hanyalah penipuan yang dilakukan beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Pencerahan dari Prof. Ujang Sumarwan memberikan pemahaman begitu pentingnya ilmu marketing. Bahkan beberapa negara maju yang menguasai marketing merupakan negara-negara yang menguasai dunia. Jadi bisa dibilang negara yang menguasai marketing merupakan negara yang menguasai dunia. Fenomena ini memberikan stimulus kepada saya untuk terus mempelajari marketing. Indonesia memerlukan banyak sekali perubahan. Utamanya dalam memasarkan produk-produk agribisnis yang menjadi bisnis utama negara ini. Seharusnya untuk produk-produk Agribisnis, Indonesia bisa menjadi market leader utamanya di beberapa komoditas. Produk-produk Agribisnis Indonesia tidak boleh kalah bersaing dengan produk negara lain. Permasalahan-permasalahan marketing harusnya bisa diselesaikan dengan penguatan Sumber Daya Manusia Indonesia dan perluasan serta peningkatan jaringan pemasaran. Peningkatan nilai tambah produk juga harus ditingkatkan secara berkesinambungan untuk memperkuat suatu kegiatan bisnis. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua. 
         Akhirnya melalui tulisan ini saya berterima kasih kepada Prof. Dr.Ujang Sumarwan, M.Sc, atas segala bimbingan, arahannya dan sharing ilmunya. Kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan, karena kami manusia biasa tidak luput dari kesalahan. Seperti pepatah bilang "tiada Gading yang tidak Retak". Salam Hangat dari keluarga besar EK 10 di Jember. Mudah2an dilain kesempatan kita masih diberi kesehatan untuk dipertemukan kembali. Untuk sekedar berdiskusi mengenai ilmu pengetahuan atau bernyanyi bersama seperti pengalaman di kuliah perdana.. amin,, (^_^) 

Materi Kuliah Manajemen Pemasaran : Strategi Produk


Jika Anda tertarik memperoleh PPT/slide dari bab ini, silahkan kirimkan permintaan melalui email :  ardito.atmaka.aji.polije@gmail.com

Selasa, 04 Desember 2012

CEO EXCHANGE


CEO Exchange kali ini terdapat 2 Nara Sumber : Jeffrey R. Immelt dan Irene Rosenfeld
Jefferey R. Immelt
Jefferey R. Immelt merupakan  CEO dari GE Company(General Electric). GE Company termasuk dalam salah satu perusahaan yang bergerak dibidang energy, air, transportasi, kesehatan dan jasa finansial. Salah satu tujuan perusahaan adalah membuat energy yang ramah lingkungan atau dalam hal ini disebut EXOMAGINATION. Hal ini tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Diperlukan inovasi terus menerus untuk mendapatkan teknologi yang dapat digunakan banyak orang, murah serta ramah lingkungan. Perusahaan GE Company merupakan nama kelompok gabungan dari berbagai jenis produk. Perusahaan General Electric melakukan strategi merek dengan menggunakan 2  pendekatan yaitu: Line Extension(Perluasan Saluran) dan Brand extension (Perluasan Merek).  Kunci kedua strategi ini adalah terletak pada kemampuan riset dan development produk perusahaan. Jeft Immelt pun sering membaca jurnal ilmiah untuk mendapatkan update ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini penting untuk pengembangan produk-produk GE.  Ada sebuah  pernyataan yang inspiratif dari  Jefferey R. ImmeltInovasi memecahkan masalah social (CEO GE Electric).


Tokoh berikutnya adalah Irene Rosenfeld. Irene merupakan CEO & Chairwoman of Kraft Food, Inc. Beliau adalah seorang pemimpin perusahaan yang sangat hebat, memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan perusahaan. Irene juga gemar memperhatikan hal-hal detail penentu keberhasilan perusahaan, utamanya kesediaannya untuk turun langsung mengamati perilaku konsumen produknya. Kegiatan turun langsung ini juga memberikan peluang untuk dapat berinteraksi langsung kepada konsumen. Proses interaksi ini penting untuk mengetahui apa saja keinginan konsumen. Produk-produk yang terkenal dari Kraft Food antara lain Oreo, Cardbury, Kraft Cheese dan lainnya. Strategi Branding produk kraft dilakukan dengan cara memperkenalkan kembali produk-produk yang telah diproduksi. Branding produk ini tentunya diiringi dengan inovasi-inovasi baru baik dari segi citarasa, merek, kemasan dan perspektif baru mengenai mereknya. Akan tetapi ada sebuah isu kesehatan yang menghambat pertumbuhan produk-produk dari Kraft. Sehingga Irene mencoba memberikan pencerahan, makanan yang sehat tanpa diimbangi dengan porsi apalagi olahraga akan tetap menghadirkan penyakit-penyakit atau kegemukan pada anak. Hal ini harus diperhatikan oleh setiap orang agar dapat hidup sehat. Ada sebuah  pernyataan yang inspiratif dari Irene Rosenfeld:  Kunci dari kesehatan itu adalah Makan dengan cara yang sehat dan sesuai dengan porsinya (CEO Kraft Food, Inc).