Keluarga Besar EK. 10

Keluarga Besar EK. 10
Top team

Minggu, 18 November 2012

Daftar Pertanyaan Presentasi Kelompok 2


“PROMOSI (BAB 4) DAN KINERJA PEMASARAN (BAB 5)”

Kelompok 1
1.        Adi Wiyono, P056111703.10EK,
Mengenai Harga Obral, kapan dan faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam melakukan obral?

2.        Masetya Mukti, P056111863.10EK,
Bagi perusahaan yang baru berdiri dan berkembang, sasaran promosi apa yang menjadi prioritas, apakah trade promo atau consumer promo?
Trade promo merupakan langkah-langkah yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui peningkatan kegiatan penjualan oleh para agen, grosir, dan pengecer (distributor) dengan cara pemberian hadiah, bonus potongan harga, dsb. Ada 3 macam trade promotion yang banyak dilakukan oleh perusahaan, yaitu:
a.      Price discount (potongan harga)
b.      Quantity discount (potongan harga untuk pembelian dalam jumlah       banyak)
c.       Trade goodwill, adalah menjalin hubungan yang baik dengan distributor secara langsung yang bertujuan untuk menanamkan loyalitas dan kepercayaan terhadap perusahaan.
Consumer promotion adalah kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan untuk membujuk konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Jenis consumer promotion sebagai berikut:
a.         Kupon, adalah selebaran dengan ciri-ciri atau tanda khusus yang diberikan kepada masyarakat dan dapat ditukarkan dengan sebuah produk yang telah ditentukan.
b.         Premiums: special offer (diskon khusus), Banded sale (berhadiah barang lain), Doorprize (undian langsung).
c.         Pembagian pin up, jam dinding, t-shirt.
d.        Hubungan Masyarakat, dimana perusahaan terus menjalin hubungan dengan masyarakat agar tetap menggunakan produk perusahaan.
e.         Pemasaran Langsung, adalah perusahaan memasarkan produknya langsung ke masyarakat atau konsumen dengan cara mendatangi konsumen agar masyarakat dapat mengetahui produk yang perusahaan tawarkan.
f.          Sponsorship, adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan mensponsori kegiatan-kegiatan yang di lakukan outsiders dengan melihat dan mempertimbangkan dampak serta kompensasi yang diberikan dari kegiatan tersebut terhadap konstribusi untuk perusahaan. Contoh sponsorship: mensponsori pemilihan gadis sampul majalah gadis dan aneka.
Jadi dapat dikatakan sasaran promosi strategis bagi perusahaan yang baru berdiri dan berkembang adalah consumer promo karena pendekatan kepada konsumen tersebut penting untuk membentuk brand image perusahaan.

3.        Dian Widi Prasetyo, P056111773.10EK,
Ada berapa cara untuk mengukur kinerja divisi pemasaran pada perusahaan dan seberapa efektif pengukuran tersebut?

4.        Asmaul Husna, P056111733.10EK,
Dari beberapa elemen bauran pemasaran seberapa penting promosi apabila diberikan skala 1-10? sertakan alasannya
Skala nilai 9, menurut kelompok kami promosi merupakan alat komunikasi yang dapat membantu menghubungkan kita (produsen) dengan pelanggan (konsumen). Bayangkan saja jika suatu perusahaan yang memiliki produk unggul karena kurangnya promosi, informasi keunggulan produk tersebut tidak sampai kepada konsumen, akibatnya perusahaan akan merugi.

5.        Hariono, P056111823.10EK,
Strategi apa yang digunakan oleh perusahaan dalam memuaskan kebutuhan produk yang dipakai oleh konsumen sehingga konsumen merasa loyal terhadap merk produk tertentu? sertakan alasan rendahnya loyalitas konsumen terhadap produk yang dipakai.

6.        Niken Dyah Kusuma Dewi, P056111883.10EK,
Apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan produktivitas produk dalam kaitannya dengan promosi dan kinerja pemasaran sebagai point dalam sokongan pada perusahaan?

7.        Kurniawan Muhammad Nur, P056111853.10EK,
     Seberapa besar tingkat efektivitas bentuk promosi menggunakan media offline (cetak, radio, tv) dan online (internet)?

8.        Dwi Nur Rifatin Oetami, P056111783.10EK,
Seberapa penting peran kinerja pemasaran untuk perusahaan-perusahaan BUMN yang memonopoli seperti PLN dan Pertamina di dalam memasarkan produknya?
Promosi yang dilakukan perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan kompetitif operasi perusahaan. Promosi sebagai strategi pemasaran kurang berperan pada perusahaan yang beroperasi pada kondisi pasar persaingan sempurna dimana kurva permintaan perusahaan horizontal. Sebaliknya bagi perusahaan yang beroperasi pada pasar tidak sempurna, promosi dapat berperan penting dalam strategi pemasaran. Contohnya perusahaan monopoli (PLN dan Pertamina) melakukan monopoli untuk menciptakan permintaan dengan menciptakan diferensiasi produk disamping usaha untuk meningkatkan permintaan dan mempertahankan pangsa pasar.

Kelompok 3
1.        Wisnu Gita, P056111983.10EK,
Faktor apa yang paling berpengaruh dalam strategi pemasaran dalam rangka pengoptimalan keuntungan (laba)?
Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam strategi pemasaran adalah promosi. Sebuah perusahaan harus mengalokasikan anggaran cukup besar untuk menyelenggarakan iklan, promosi penjualan kepada konsumen sebagai upaya menarik minat pembeli lebih kuat dan cepat. Promosi digunakan untuk tujuan jangka pendek strategi pemasaran yaitu meningkatkan penjualan demi perolehan laba maksimal perusahaan.
 
2.        Siska Rahmawati, P056111943.10EK,
Apa metode pengukuran kinerja promosi yang paling efektif? berikan alasannya.
 
3.        Mohamad Ilham Hilal, P056111873.10EK,
Apakah kinerja pemasaran dan kinerja operasional saling terkait? berikan contohnya.
       Iya saling terkait, kegiatan produksi yang baik dapat menghasilkan produk dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Hal ini tentu saja mempermudah proses pemasaran, dengan banyaknya produk yang dihasilkan maka ketersediaan produk banyak dan mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu, dengan kualitas yang baik maka produk bisa menciptakan suatu kekuatan merek di mata konsumen sehingga dapat menumbuhkan sikap setia konsumen.
 
4.        Diah Arum Savitri, P056111763.10EK,
Apakah customer retension selalu diakibatkan karena adanya customer satisfaction? berikan beserta contohnya.
 
5.        Danang, P056111743.10EK,
Kepuasan pelanggan dan resistendi pelanggan memiliki kaitan sangat penting dengan strategi pasar (market based strategy) dan profitabilitas. apa tujuan akhir dari strategi pemasaran?
 
6.        Ali Murtadho, P056111713.10EK,
Tujuan pemasaran bukan semata-mata untuk meraih keuntungan dan hubungan antara produsen dan konsumen tidak ada dampak yang signifikan. Untuk itu berikan contoh hubungan baik produsen dan konsumen?

7.        Dyah Kusuma, P056111793.10EK,
Strategi pemasaran seperti apa yang dilakukan perusahaan kaitannya dalam mencapai kepuasan pelanggan dan di sisi lain juga harus mempertimbangkan profitabilitas bagi perusahaan?
 
Kelompok 4
1.        Sari Wiji, P056111913.10EK,
Pada Behavioral segmentation breakdown,  bagaimana strategi  promosi yang harus disampaikan untuk menarik kembali  konsumen yang sudah tidak tertarik lagi dengan produk yang ditawarkan?

2.        Uri Anjarwati, P056111973.10EK,
Konsumen tidak mengenal produk yang ditawarkan, dan terkadang  mereka  tidak memahami isi iklan atau bentuk promosi yang disampaikan mungkin karena  durasi iklan yang pendek atau dengan sengaja tidak ditampakkan karena memang produknya  hanya terkhusus pada segmen pasar tertentu.  Strategi apa yang mungkin menurut kelompok saudara paling tepat?

3.        Firda Rahma, P056111813.10EK,
Strategi periklanan apa yang paling efektif menurut kelompok saudara?

4.        Sefri Ton, P056111923.10EK,
Strategi pemasaran harus dapat membuktikan bahwa dapat meningkatkan discounted cast flows, mohon dijelaskan dan diberikan contoh konkritnya?

5.        Indah Eko, P056111833.10EK,
Pemasaran merupakan suatu proses manajemen yang berusaha memberikan keuntungan yang maksimal dengan membangun hubungan yang berkualitas dengan pelanggan dan dapat menciptakan suatu competitive advantage. Jelaskan dan berikan contohnya!

6.        Sandryas Alief, P056111903.10EK,
Dalam mengukur kinerja pemasaran melalui focus, salah satunya dihasilkan hal berupa tersedianya indicator berguna untuk kinerja bisnis dimasa depan. Indicator apa saja yang dimaksud dan jelaskan!

7.        Ujang Tri Cahyono, P056111963.10EK,
Bagaimana memaksimalkan akuntansi dalam kinerja pemasaran mengingat banyaknya kelemahan dalam accounting based Performance Measures?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar