Keluarga Besar EK. 10

Keluarga Besar EK. 10
Top team

Senin, 26 November 2012

STRATEGI BRANDING, CHOCOLATE WAR


 


       





Branding
Ada 2 kalimat filosofis yang diyakini dalam “Chocolate War”. 2 kalimat yang sangat mengesankan dan inspiratif itu berbunyi “jangan pernah berhenti untuk berinovasi” dan “jangan menyerah pada keadaan”. Kalimat pertama merupakan ekspresi dan sikap perusahaan coklat Forrest Mars yang selalu berusaha untuk mengembangkan bisnis coklat. Perusahaan Forrest Mars selalu melakukan inovasi – inovasi yang sangat luar biasa bagus. Sedangkan untuk kalimat kedua merupakan kegigihan dari perusahaan coklat kecil milik keluarga Bover, yang tetap berjalan walaupun di tengah himpitan para pesaing yaitu Mars dan Hersey’s.
Hersey merupakan perusahaan coklat yang terkenal di Amerika dan dunia. Milton Hershey Snavely mendirikan perusahaan cokelat pada tahun 1894. Hersey memperkenalkan produk coklat pada pada tahun 1907. Sebuah produk permen baru, kecil datar berbentuk potongan-potongan cokelat yang diberi nama Hershey Kiss,  kemudian produk berkembang terus yaitu adanya produk Snickers, Three musketeers. Produk yang sangat inovatif berikutnya yaitu produk Desert Bar yang merupakan cokelat yang tidak meleleh pada suhu 140 derajat Farenheit. Coklat Desert Bar merupakan konsumsi tentara amerika yang berperang. Sedangkan perusahaan pesaing Mars awalnya hanya menjual nugat dimana bahan baku cokelat tersebut berasal dari perusahaan Hershey. Tetapi dengan semakin mapannya perusahaan Mars akhirnya Mars memutuskan hubungan kerjasama tersebut dan terus mengembangkan produk cokelatnya yaitu salah satu produknya yang sangat terkenal adalah M&M.
Strategi branding perusahaan cokelat yang bernama Mars, Inc. telah mengeluarkan berbagai macam merek bagi produk cokelat mereka, seperti SNICKERS, M&M’s, MILKY WAY dan MALTESERS. Mars, Inc. mempromosikan produk M&M’s melalui sosok tokoh kartun lucu yang berbentuk coklat dengan simbol M. Perusahaan cokelat Hershey tidak mau kalah, Hershey meluncurkan produk baru mereka yang bernama Hershey’s Kisses. Coklat ini memiliki bentuk yang khas dan cita rasa cokelat yang lembut membuat para penggemar cokelat Hershey selalu ingin mencicipi produk tersebut. Kombinasi susu dan cokelat menjadi unggulan dari produk cokelat Hershey ini. Brand awareness atas merek produk Hershey semakin positif apalagi banyak penggemarnya selalu ingat atas kelembutan ras cokelat yang dicampur dengan susu. Persaingan tidak berhenti disini, kenyataanya sampai sekarang persaingan antara Hershey dan Mars terus berlanjut, mereka terus bersaing secara sehat dengan membuat inovasi  yang tiada henti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar