Branding
Ada 2 kalimat filosofis yang diyakini dalam “Chocolate War”. 2 kalimat yang sangat mengesankan dan inspiratif itu berbunyi “jangan pernah berhenti untuk berinovasi” dan “jangan
menyerah pada keadaan”. Kalimat pertama merupakan ekspresi dan sikap perusahaan
coklat Forrest Mars yang selalu berusaha untuk mengembangkan bisnis coklat. Perusahaan
Forrest Mars selalu melakukan inovasi – inovasi yang sangat luar biasa bagus.
Sedangkan untuk kalimat kedua merupakan kegigihan dari perusahaan coklat kecil
milik keluarga Bover, yang tetap berjalan walaupun di tengah himpitan para
pesaing yaitu Mars dan Hersey’s.
Hersey merupakan
perusahaan coklat yang terkenal di Amerika dan dunia. Milton Hershey Snavely
mendirikan perusahaan cokelat pada tahun 1894. Hersey memperkenalkan produk coklat
pada pada tahun 1907. Sebuah produk permen baru, kecil datar berbentuk
potongan-potongan cokelat yang diberi nama Hershey Kiss, kemudian produk berkembang terus yaitu adanya
produk Snickers, Three musketeers. Produk yang sangat inovatif berikutnya yaitu
produk Desert Bar yang merupakan cokelat yang tidak meleleh pada suhu 140
derajat Farenheit. Coklat Desert Bar merupakan konsumsi tentara amerika yang
berperang. Sedangkan perusahaan pesaing Mars awalnya hanya menjual nugat dimana
bahan baku cokelat tersebut berasal dari perusahaan Hershey. Tetapi dengan semakin
mapannya perusahaan Mars akhirnya Mars memutuskan hubungan kerjasama tersebut
dan terus mengembangkan produk cokelatnya yaitu salah satu produknya yang
sangat terkenal adalah M&M.
Strategi branding perusahaan
cokelat yang bernama Mars, Inc. telah mengeluarkan berbagai macam merek bagi
produk cokelat mereka, seperti SNICKERS, M&M’s, MILKY WAY dan MALTESERS.
Mars, Inc. mempromosikan produk M&M’s melalui sosok tokoh kartun lucu yang
berbentuk coklat dengan simbol M. Perusahaan cokelat Hershey tidak mau kalah, Hershey
meluncurkan produk baru mereka yang bernama Hershey’s Kisses. Coklat ini
memiliki bentuk yang khas dan cita rasa cokelat yang lembut membuat para
penggemar cokelat Hershey selalu ingin mencicipi produk tersebut. Kombinasi
susu dan cokelat menjadi unggulan dari produk cokelat Hershey ini. Brand
awareness atas merek produk Hershey semakin positif apalagi banyak penggemarnya
selalu ingat atas kelembutan ras cokelat yang dicampur dengan susu. Persaingan
tidak berhenti disini, kenyataanya sampai sekarang persaingan antara Hershey
dan Mars terus berlanjut, mereka terus bersaing secara sehat dengan membuat
inovasi yang tiada henti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar